PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI EKSTRAKURIKULER PATROLI KEAMANAN SEKOLAH (PKS) DI MTsN TAMBAKBERASKABUPATEN JOMBANG

“Nalurita, Rizki. 2015.Pembentukan Karakter Siswa Melalui Ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah (PKS).Skripsi, JurusanHukumdanKewarganegaraan, FakultasIlmuSosial, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Ketut Diara Astawa, SH, M.Si, (II) Rusdianto Umar, SH, M.Hum.

Kata Kunci:pembentukan karakter , ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah (PKS).

Kegiatan ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah (PKS) di MTsN Tambakberas Kabupaten Jombang diadakan dilatar belakangi oleh disiplinnya siswa yang mulai memudar . DenganadanyaekstrakurikulerPatroliKeamananSekolah di MTsNTambakberasinidiharapmampusebagaijembatanuntukmembentuknilai-nilaikarakter, terutamanilaidisiplinpadasiswa, tidakhanyanyanilaidisiplinsaja yang adadalamkegiatanekstrakurikulerPatroliKeamananSekolah (PKS) tetapinilai-nilaidarisetiapkarakteritunampakdanakanharapannyamampudiimplementasikandalamkegiatansehari-hari.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) menjelaskan latar belakang pentingnya program kegiatan ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah di MTsN Tamabakberas Kabupaten Jombang, (2) menjelaskan bentuk-bentuk program kegiatan ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah , (3) menjelaskan pelaksanaan program kegiatan ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah dalam membentuk karakter pada siswa, (4) menjelaskan faktor penghambat pelaksanaan program kegiatan ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah (5) menjelaskan cara mengatasi faktor penghambat pelaksanaan program kegiatan ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah (PKS) di MTsN Tambakberas Kabupaten Jombang. Melalui jenis penelitian ini data yang telah terkumpul berupa hasil dari wawancara tentang pembentukan karakter yang disusun secara sistematis, akurat, dan faktual. Hal tersebut untuk memberikan penjelasan secara terperinci dan sesuai dengan keadaan yang sesuai dengan pembentukan karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah (PKS) tanpa adanya rekayasa.

Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) latar belakang pentingnya ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah (PKS) dilatar belakangi oleh disiplin siswa yang memudara, dalam hal ini ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah diharapkan mampu untuk menjembatani untuk menananmkan nilai-nilai karakter terutama disiplin siswa (2) bentuk program terdiri dari kegiatan rutin dan tahunan kegiatan rutin diantaranya; latihan, ikut menertibkan siswa ketika berangkat, menertibkan siswa pada waktu sholat dhuha. Kegiatan tahunan diantaranya PENABA, audisi, pengukuhan, lomba senam gatur lantas, lomba senam teatrikla orasi keselamatan berlalu lintas. (3) pelaksanaan dalam menanamkan nilai-nilai karakter diantaranya; disiplin, religius, tanggung jawab, semangat kebangsaan, cinta damai, cinta tanah air, mandiri, jujur, kerja keras, kreatif, toleransi, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial. (4)faktor penghambat dari siswa, dari pelatih, pembina, serta waktu dan keadaan cuaca. (5) cara mengatasi hambatan dari siswa memberikan motivasi, dari pembina dan pelatih berusa untuk membuat jadwal yang sekiranya bisa mendampingi ketika kegiatan ekstrakurikule Patroli Keamanan Sekolah (PKS), darikondisi cuaca menganti dihari yang akan datang.

Saran bagi Pelatih Ketika menyampaikan materi saat latihan perlu adanya variasi, agar siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah tidak gampang bosan.komunikasi antara pelatih dan aggota PKS perlu dijaga, bagi Pembina Meskipun sudah ada pelatih sebaiknya pembina mendampingi ketika latihan rutin berlangsung,bagi siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Patroli Keaman Sekolah (PKS), seharusnya mereka dapat dijadikan motivasi dalam pelaksanaan pendidikan karakter disekolah dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. dilingkungan keluarga dan masyarakat.bagi Fakultas Ilmu Sosial dan Universitas Negeri Malang, seharusnya mereka dapat mendukung kegiatan positif mahasiswa demi perkembangan mahasiswanya. bagi perkembangan ilmu pengetahuan, diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi peneliti lainnya yang ingin meneliti tentang materi yang sama, bagi peneliti sebagai menambah pengetahuan yang didapat dalam bidang pendidikan kewarganegaraan khususnya yang berkaitan dengan pembentukan karakter siswa.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*