KONSEP DAN IMPLEMENTASI EKONOMI SOSIALIS SUMITRO DJOJOHADIKUSUMO DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI INDONESIA

“Abidin, Raistin Nur. 2015. Konsep Ekonomi Sosialis dan Implementasi Sumitro Djojohadikusumo dalam Pembangunan Indonesia. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. M. Yudhi Batubara, SH., M.Hum.(II) Drs. Margono, M.Pd. M.Si

Kata Kunci: Pemikiran Sumitro Djojohadikusumo, Implementasi Ekonomi Sosialis, Pancasila

Perkembangan pada suatu jaman tidak jarang juga diikuti sejumlah permasalahan dalam kehidupan bermasyarakat pada suatu bangsa, seperti halnya permasalahan yang dialami oleh Indonesia dimasa lampau ketika kolonoalisme yang menimbulkan permasalahan pada sistem sosial, budaya, dan perekonomian masyarakat Indonesia. Terlebih pada perekonomian Indonesia hal tersebut membuat salah satu tokoh ekonomi Yaitu Sumitro Djojohadikusumo melahirkan suatu konsep ekonomi yang sesuai dengan cita cita bangsa indonesia yang terlebih berdasarkan dengan Pancasila

Rumusan masalah dalam penulisan ini adalah (1) Bagaimana konsep ekonomi sosialis Sumitro Djojohadikusumo?, (2) Bagaimana implementasi ekonomi sosialis Sumitro Djojohadikusumo?

Tujuan penulisan ini adalah (1) untuk mengetahui konsep ekonomi sosialis Sumitro Djojohadikusumo. (2) untuk mengetahui implementasi ekonomi sosialis Sumitro Djojohadikusumo.

Penelitian ini merupakan penilitian kepustakaan dengan melakukan analisis terhadap data yang diperoleh dari sumber pustaka dan dokumen. Dengan metode komparatif yang membandingkan berbagai data dan menggunakan metode kompilatif untuk menyusun berbagai data sehingga memperoleh suatu hasil analisis berupa argumentasi penulis.

Hasil penulisan ini menunjukan bahwa (1) Konsep ekonomi sosialis Sumitro Djojohadikusumo dilihat dari empat aspek yaitu: a.peran pemerintah dimana dalam peran pemerintah dalam pemikiran Sumitro Djojohadikusumo ini merupakan keterlibatan yang terukur hal ini dikarenakan dalam pemikiran beliau menginginkan kesejahteraan masyarakat dengan adanya peran pemerintah namun dalam peranannya tidak memasung atau masih memberikan kesempatan masyarakat untuk bisa berinisiatif sehingga adanya peran pemerintah yang diinginkan dapat memberikan keadilan dalam mensejahterakan masyarakat, b.peran koperasi dalam pemikiran Sumitro Djojohadikusumo ini adalah sebagai soko guru dalam perekonomian masyarakat Indonesia yaitu sebagai tulang atau sebagai pilar dari perekonomian masyarakat dengan harapan koperasi dapat memajukan perekonomian masyrakat khususnya bagi perekonomian masyarakat lemah, c. peran swasta dalam pemikiran Sumitro Djojohadikusumo ini bertujuan menasionalisasikan perusahaan asing guna mensejahterakan swasta dalam negeri serta adanya pemasukan anggaran negara yang mengakibatkan anggaran dalam negara dapat berimbang dinamis, dengan harapan swasta dalam negeri dapat berkembang, d. peranan BUMN dalam pemikiran Sumitro Djojohadikusumo ini sebagai pendorong pertumbuhan perekonommian. Hal ini dikarenakan untuk memberikan keadilan dalam pemanfaatan sumberdaya alam dan dapat memberikan kesempatan terbukanya lapangan pekerjaan serta menmberikan pengkerecutan swasta asing.(2) dalam pelaksanaannya atau pengimplementasian dari konsep ekonomi sosialis Sumitro Djojohadikusumo dapat dilihat dari produk hukum yang dihasilkan selama beliau yaitu menjabat sebagai anggota pemerintahan antara lain yaitu peraturan tentang modal dalam negeri, undang-undang mengenai pendirian perusahaan negara pertambangan minyak dan gas bumi nasional, tentang penyertaan modal negara Republik Indonesia untuk pendirian perseroan dalam bidang perkreditan.

Berdasarkan temuan peneliti maka peneliti menyarankan kepada pemerintah, dan seluruh elemen masyarakat Indonesia mempertimbangkan atau sebagai pijakan perkembangan perekonomian, dikarenakan konsep ekonomi sosialis Sumitro Djojohadikusumo sudah sesuai dengan cita-cita bangsa indonesia yang tertera pada pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta dasar Negara kita yaitu pancasila khususnya pada sila ke lima. Selain itu perlunya peran guru PPKn untuk melaksanakan implmentasi sesuai dengan pemikiran Sumitro ini berjalan sesuai dengan harapan dalam implementasi yang sudah dilaksanakan dapat dijadikan pembelajaran untuk melaksanakan pemikiran beliau dimasa mendatang yaitu dengan pengacuan utama perbaikan karakter bangsa Indonesia.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*