“Susanti, Hera Paramita. 2015. Persepsi Masyarakat Tentang Kinerja Kepala Desa Berlatar Profesi TNI dan Non-TNI di Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Dr. Sri Untari, M.Si (II) Rusdianto Umar, S.H, M.Hum

Kata kunci : Kinerja, Kepala Desa

Kepala Desa sebagai kepala pemerintahan tingkat desa diharapkan mampu memberikan kinerja yang baik agar tercapai rencana sttrategik serta visi dan misi yang telah ditetapkan. Kinerja yang dimaksud merupakan hasil kerja Kepala Desa beserta perangkatnya yang dicapai dalam suatu periode tertentu. Kinerja Kepala Desa yang baik akan berdampak pada tingginya tingkat kepuasan masyarakat kualitas pelayanan yang diberikan oleh pemerintah desa kepada masyarakat.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal, yang mencakup tingkat Kinerja Kepala Desa yang berlatar profesi TNI dan non TNI di Kecamatan Donomulyo, dan perbedaan kinerja Kepala Desa yang berlatar profesi TNI dan non-TNI di Kecamatan Donomulyo. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu : (1) ada perbedaan kinerja, antara Kepala Desa yang berlatar profesi TNI dan non-TNI di Kecamatan Donomulyo (2) tidak ada perbedaan kinerja, antara Kepala Desa yang berlatar profesi TNI dan non-TNI di Kecamatan Donomulyo.

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Good Goverment, yaitu teori yang menjelaskan tentang prinsip-prinsip kepemerintahan yang baik khususnya berkaitan dengan pengukuran Kinerja Kepala Desa. Indikator yang digunakan sebagai alat pengukuran kinerja meliputi penilaian produktivitas, responsivitas, responsibilitas dan akuntabilitas.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuisioner dan studi kepustakaan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang disajikan melalui tabel, grafik, diagram lingkaran dan perhitungan statistik. Jenis analisis deskriptif yang digunakan oleh peneliti yaitu mean (rata-rata) dengan menggunakan langkah-langkah uji normalitas, uji homogenitas variabel, dan penarikan kesimpulan menggunakan uji t. Populasi adalah anggota BPD, Perangkat Desa, Anggota LPMD dan Pengurus PKK Desa yang dianggap kompeten dalam melakukan penilaian terhadap kinerja Kepala Desa. Sampel merupakan bagian populasi yang terpilih. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling.

Kesimpulan dari penelitian adalah : (1) Kepala Desa yang berlatar profesi TNI memiliki kinerja yang tinggi di bidang pelestarian kebudayaan dan pembangunan prasarana pertanian. (2) Kepala Desa yang berlatar profesi non-TNI memiliki kinerja yang tinggi di bidang pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan prasarana perhubungan. (3) Berdasarkan persepsi masyarakat, tingkat kinerja Kepala Desa berlatar profesi TNI dan non-TNI di Kecamatan Donomulyo dalam kategori tinggi, sehingga tidak terdapat perbedaan tingkat kinerja.”

Need Help? Chat with us