“Indriyasari, I Komang Fortuna. 2015. Pelaksanaan Kegiatan Tim ReSH dalam Upaya Mewujudkan Sekolah Adiwiyata di SMA Negeri 1 Purwosari. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Suparman Adi Winoto, S.H., M.Hum, (II) Rusdianto Umar, S.H., M.Hum.

Kata Kunci: pelaksanaan, Tim ReSH, sekolsh adiwiyata

Dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup, Kementerian Lingkungan Hidup dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama mengembangkan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan yang terjabarkan dalam program adiwiyata. Tim ReSH (Revolusi menuju Sekolah Hijau) merupakan suatu tim untuk merealisasikan program adiwiyata di SMA Negeri 1 Purwosari.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan program kerja kegiatan Tim ReSH; (2) pelaksanaan program kerja kegiatan Tim ReSH; (3) kendala dalam pelaksanaan program kerja kegiatan Tim ReSH; dan (4) upaya untuk mengatasi kendala pelaksanaan program kerja kegiatan Tim ReSH.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian yang berupa dokumentasi dan hasil wawancara dengan beberapa informan yaitu pembina Tim ReSH, pihak guru, dan anggota Tim ReSH. Kegiatan analisis data dengan menggunakan model analisis interaktif, dimulai dari tahap (1) reduksi data; (2) penyajian data; dan (3) penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh empat simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama mengenai perencanaan program kerja kegiatan Tim ReSH yaitu pembuatan sumur resapan, pembuatan BBM dari sampah plastik, reboisasi, pembuatan kompos, dan recycle.

Kedua, pelaksanaan program kerja kegiatan Tim ReSH yaitu (1) pembuatan kompos, dengan mengolah sampah daun, sampah dapur, dan EM-4 menjadi pupuk kompos; (2) reboisasi yang diisi dengan kegiatan pembibitan; (3) recycle adalah kegiatan pengumpulan sampah plastik untuk dijual; dan (4) aksi lingkungan di pantai yang diisi dengan kegiatan outbond.

Ketiga, kendala dalam pelaksanaan program kerja kegiatan Tim ReSH yaitu (1) kurang perhatiannya pembina Tim ReSH; (2) antusiasme anggota Tim ReSH yang masih kurang; (3) pihak sekolah yang kurang mendukung; (4) kurangnya pengetahuan dalam hal lingkungan hidup; dan (5) pemilihan waktu kegiatan yang kurang tepat.

Keempat, upaya untuk mengatasi kendala pelaksanaan program kerja kegiatan Tim ReSH yaitu : (1) menjaga komunikasi dengan pembina Tim ReSH; (2) variasi kegiatan Tim ReSH; (3) promosi Tim ReSH saat kegiatan MOS; (4) memperbanyak aksi lingkungan; (5) pengumpulan dana secara mandiri; dan (6) perbaikan internal Tim ReSH.

Beberapa saran dari peneliti diajukan kepada beberapa pihak, yakni (1) pihak sekolah dalam hal ini kepala sekolah dan pembina Tim ReSH yaitu agar lebih memperhatikan kembali adanya program kerja kegiatan yang telah dirancang oleh anggota Tim ReSH serta memberikan dukungan baik formil maupun materiil kepada Tim ReSH agar program yang direncanakan dapat diperluas bidang cakupannya, sehingga ikut dirasakan manfaatnya oleh seluruh warga sekolah; (2) Pelatih Tim ReSH diharapkan dapat menyusun pelaksanaan program kerja kegiatan Tim ReSH yang lebih sistematis dan jelas, seperti waktu pelaksanaan, tempat pelaksanaan, dan lampiran materi yang akan diberikan. Kemudian dalam penyampaian materi diharapkan dapat menggunakan cara yang lebih menyenangkan dan lebih inovatif, mampu membuat kegiatan yang lebih bervariasi untuk memudahkan anggota Tim ReSH dalam menyerap materi dan tidak mudah jenuh selama mengikuti kegiatan Tim ReSH; dan (3) Anggota Tim ReSH diharapkan dapat lebih mencerminkan sikap antusias dan komitmen yang tinggi untuk mengikuti kegiatan Tim ReSH sehingga dapat memperbanyak aksi lingkungan dan dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan, terutama di SMA Negeri 1 Purwosari.”

Need Help? Chat with us