“Pratama, Akhmad Fajar Surya. 2015. Peran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang Dalam Rangka Meningkatkan Partisipasi Politik Pemilih Pemula Pada Pemilu Legislatif 2014. Skripsi, Jurusan Hukum Dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Nur Wahyu Rochmadi, M.Pd, M.Si, (II) Drs. Ketut Diara Astawa, SH, M.Si.

Kata Kunci: partisipasi politik, pemilih pemula, Pemilu Legislatif 2014, KPU Kabupaten Jombang

Potensi pemilih pemula dalam pemilu ini sangat besar karena dari 20 persen jumlah pemilih dalam pemilu adalah pemilih pemula. Jumlah pemilih pemula di Kabupaten Jombang adalah 13.045 pemilih. Dari sekian banyak jumlah pemilih pemula tersebut bahwa pemilih pemula ini belum memahami bahkan belum mengetahui informasi tentang Pemilu Legislatif 2014 di Kabupaten Jombang. Maka dari itu Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jombang berusaha memberikan informasi Pemilu Legislatif 2014 kepada seluruh pemilih pemula yang ada di Kabupaten Jombang dengan tujuan untuk meningkatkan partisipasi politik pemilih pemula.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui program yang dilakukan KPU Kabupaten Jombang dalam meningkatkan partisipasi politik pemilih pemula dalam Pemilu Legislatif 2014, berikut ini rumusan masalahnya yaitu: (a) Bagaimanakah peran KPU Kabupaten Jombang dalam meningkatkan partisipasi politik pemilih pemula dalam Pemilu Legislatif 2014?; (b) Apa saja faktor-faktor yang menghambat peran KPU Kabupaten Jombang dalam meningkatkan partisipasi politik pemilih pemula dalam Pemilu Legislatif 2014 ?; (c) Apa saja faktor-faktor yang mendukung peran KPU Kabupaten Jombang dalam meningkatkan partisipasi politik pemilih pemula di Pemilu Legislatif 2014 ?; (d) Bagaimanakah KPU Kabupaten Jombang mengatasi hambatan meningkatkan partisipasi politik pemilih pemula dalam Pemilu Legislatif 2014 ?.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data dengan wawancara semistruktur kepada informan-informan yaitu anggota KPU Kabupaten Jombang, pemilih pemula, dan pihak sekolah serta dengan dokumen-dokumen tentang Laporan Pemilu Legislatif 2014 dari KPU Kabupaten Jombang. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan ketekunan pengamat untuk pengecekan keabsahan data.

Berdasarkan hasil analisis data terdapat empat hasil temuan yang dapat disimpulkan yaitu: Pertama, peran KPU Kabupaten Jombang dalam meningkatkan partisipasi politik pemilih pemula di Pemilu Legislatif 2014 dengan cara: (a) Jalan Sehat Pemilu Legislatif 2014, jalan sehat ini dilaksanakan sebanyak tiga kali. Pertama tanggal 7 April 2013 dengan tema “Menyongsong Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD Tahun 2014 yang Jujur dan Adil” yang diikuti oleh 4310 peserta. Kedua tanggal 27 September 2013 dengan tema “Jombang Memilih Semua Terdaftar Semua Bisa Memilih” yang diikuti oleh 4810 peserta. Ketiga tanggal 9 Maret 2014 dengan tema “Menuju Pemilu Jujur dan Adil 2014” yang diikuti oleh 5310 peserta. Program jalan sehat ini diikuti berbagai elemen peserta seperti anggota PPK, anggota PPS, Panwascam, Panitia Pengawas Lapangan, SKPD se-Kabupaten Jombang, masyarakat umum, pengurus parpol peserta Pemilu Legislatif 2014, LSM, Relawan Demokrasi, sekolah seputar alun-alun (SMAN 1 Jombang dan SMKN 2 Jombang); (b) Sosialisasi di Pondok Pesantren, sosialisasi ini dilakukan pada tanggal 9-10 Desember 2014 di delapan pondok pesantren di Kabupaten Jombang yaitu Ponpes Bahrul Ulum, Ponpes Majmaul Bahrain, Ponpes Mambaul Maarif, Ponpes Gadingmangu, Ponpes Tebuireng, Ponpes Paculgowang, Ponpes Rejoso, Ponpes Kalibening. Jumlah pesertanya ada 19.518 santri. Materi yang disampaikan yaitu himbauan kepada santri yang mempunyai hak pilih agar menggunakan hak pilihnya pada 9 April 2014; (c) Apel Pagi Pemilih Pemula Sukses Pemilu 9 April 2014, apel ini dilakukan pada tanggal 26 Maret 2014 dan 7 April 2014. Diikuti oleh 600 peserta dari 44 SMA/SMK di Kabupaten Jombang. Anggota KPU Kabupaten Jombang dan anggota PPK menjadi pembina apel. Materi yang disampaikan tentang pentingnya pemilu, hak dan kewajiban pemilih, dan informasi tentang Pemilu Legislatif 2014; (d) Sosialisasi dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lentera, sosialisasi ini dilakukan di Aula MWC NU Jogoroto yang diikuti oleh 100 peserta dari perwakilan tokoh agama, ormas kepemudaan, LSM, ketua OSIS se-Kecamatan Jogoroto. Materi yang disampaikan peta perpolitikan Indonesia, perbedaan sistem Pemilu 2014 dan 2009, dan tahapan Pemilu Legislatif 2014; (e) Sosialisasi Kepada Siswa SMKN Wonosalam, sosialisasi ini dilakukan pada 1 Maret 2014 yang diikuti oleh 100 peserta dari seluruh kelas XII. Materi yang disampaikan yaitu informasi tentang Pemilu Legislatif 2014.

Kedua, faktor yang menghambat peran KPU Kabupaten Jombang dalam meningkatkan partisipasi politik pemilih pemula di Pemilu Legislatif 2014 yaitu : (a) waktu, minimnya waktu yang tersedia untuk melakukan sosialisasi Pemilu Legislatif 2014; (b) kondisi lingkungan sekolah, lingkungan sekolah saat di datangi KPU Kabupaten Jombang sedang melakukan persiapan UN, ujian sekolah, dan ujian masuk perguruan tinggi.

Ketiga, faktor yang mendukung peran KPU Kabupaten Jombang dalam meningkatkan partisipasi politik pemilih pemula di Pemilu Legislatif 2014 yaitu (a) support/dukungan, sosialisasi ini didukung dan direspon oleh seluruh warga sekolah; (b) kerjasama, kerjasama dengan berbagai pihak seperti sekolah dan dinas pendidikan agar sosialisasi ini bisa terlaksana.

Keempat, solusi dari faktor yang menghambat peran KPU Kabupaten Jombang dalam meningkatkan partisipasi politik pemilih pemula di Pemilu Legislatif 2014 yaitu: (a) koordinasi, KPU Kabupaten Jombang berkoordinasi dengan pemangku kepentingan dalam pelaksanaan sosialisasi Pemilu Legislatif 2014; (b) pengaturan waktu, dilakukan dengan penyusunan jadwal sosialisasi berdasarkan rekomendasi dinas pendidikan setempat.

Saran ditujukan pada KPU Jombang agar berkoordinasi dengan dinas pendidikan di kecamatan setempat, PPK, dan PPS seluruh Kabupaten Jombang dengan maksud untuk melalukan sosialisasi Pemilu Legislatif 2014 di SMA/SMK/MA yang belum didatangi oleh KPU Kabupaten Jombang.”

Need Help? Chat with us