PANDANGAN SANTRI PONDOK PESANTREN AS SALAM JAMBEWANGI BLITAR TERHADAP PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI BANGSA

“Octavian, Ika Dyah. 2015. Pandangan Santri Pondok Pesantren As Salam Jambewangi Blitar terhadap Pancasila sebagai Ideologi Bangsa. Skripsi, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Suko Wiyono, S.H, M.Hum. (II) Rusdianto Umar, S.H, M.Hum.

Kata Kunci: pandangan santri, pondok pesantren, ideologi bangsa,

Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia. Hakikat Pancasila bukan hanya hasil perenungan atau pemikiran seseorang atau kelompok orang sebagaimana ideologi-ideologi lain di dunia, tetapi Pancasila diangkat dari nilai-nilai adat istiadat, nilai-nilai kebudayaan, dan nilai religius dalam hidup masyarakat Indonesia. Akan tetapi dalam kurun waktu terakhir, banyak terjadi kejahatan terorisme. Kejahatan terorisme ini mengatasnamakan Islam, hingga adanya keinginan untuk mengganti Indonesia sebagai negara Islam. Padahal Indonesia tidak hanya terdiri dari satu agama namun ada beberapa penganut agama serta kepercayaan yang multikultural. Berkaitan dengan itu, maka diperlukan pembahasan mengenai Pandangan Santri Pondok Pesantren As Salam Jambewangi Blitar terhadap Pancasila sebagai Ideologi Bangsa.

Tujuan penelitian ini ada empat yang meliputi: (1) mendeskripsikan substansi kurikulum pondok pesantren, (2) mendeskripsikan peran pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam, (3) mendeskripsikan kegiatan santri pondok yang memiliki kaitan dengan pengamalan Pancasila, dan (4) mendeskripsikan pandangan santri Pondok Pesantren As Salam Jambewangi Blitar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan metode kualitatif. Hasil penemuan penelitian berupa kata-kata yang digunakan untuk mendeskripsikan hasil temuan. Pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara dan observasi langsung. Wawancara dilakukan terhadap santri dan pengurus pondok pesantren. Observasi langsung menggunakan dokumen yang sudah ada di Pondok Pesantren As Salam Jambewangi Blitar. Penelitian ini menggunakan analisa data di lapangan model Miles dan Huberman. Aktivitas analisa data dilakukan secara terus menerus dan secara interaktif sehingga didapatkan data tuntas dan menghasilkan data yang jenuh. Terdapat tiga aktivitas dalam analisa data dalam penelitian ini, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) substansi kurikulum Santri Pondok Pesantren As Salam Jambewangi Blitar dikembangkan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, (2) pondok Pesantren As Salam memiliki tiga peran yaitu sebagai pendidikan Islam, pelatihan dan pemberdayaan , (3) kegiatan pondok pesantren memiliki kaitan dengan nilai-nilai Pancasila, dan (4) pandangan santri Pondok Pesantren As Salam terhadap Pancasila bahwa Pancasila merupakan asar negara yang dirumuskan pendiri bangsa, landasan hidup berbangsa dan bernegara, pedoman pelaksanaan kehidupan Indonesia yang multikultural serta Pancasila bersumber pada ajaran Islam.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*