PENYUSUNAN BUKU SISWA DAN BUKU GURU UNTUK PENDIDIKAN KHUSUS DAN LAYANAN KHUSUS

Untitled-1

Implementasi kurikulum 2013 untuk pendidikan dasar dan menengah mempunyai karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan sebelumnya, terutama dalam hal penyediaan bahan ajar untuk peserta didik dan guru. Bilamana pada kurikulum 2006, departemen pendidikan nasional mempraktekkan otonomi seluas-luasnya dalam pengembangan dan penyediaan buku siswa pada sekolah. Maka pada kurikulum 2013 penyediaan dan pengadaan buku siswa dikoordinir oleh departemen pendidikan dan kebudayaan.

Peran kementerian pendidikan pada masa lalu hanya sebagai pemberi rekomendasi atas kelayakan buku-buku teks yang dipergunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, halĀ  yang sebaliknya dilakukan kementerian pendidikan nasional ketika melaksanakan kurikulum 2013 dalam penyediaan buku teks yang dipergunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Pada saat ini kementerian pendidikan mengkoordinir dalam penyusunan dan penyediaan buku teks beserta buku gurunya. Sedangkan sekolah tinggal menggandakannya melalui dana boss buku yang telah diterima sekolah.

Hal yang sama juga dilakukan oleh direktorat PKLK, yang membidangi kegiatan pendidikan untuk anak-anak berkebutuhan khusus (PKLK) dalam penyediaan dan pengadaan buku siswa dan buku guru untuk semua mata pelajaran, semua jenjang pendidikan, dan semua ketunaan. Informasinya, selama ini tidak pernah ada buku-buku teks untuk peserta didik yang sedang mengikuti pendidikan di bawah naungan direktorat PKLK. Mereka selama ini hanya menggunakan buku untuk kelas reguler yang telah disesuaiakan secara otodidak oleh gurunya.

Berkaitan dengan kegiatan penyusunan buku siswa dan buku guru dalam kegiatan pembelajaran di PKLK, dilakukanlah penelaahan terhadap buku-buku yang telah disusun pada tanggal 28 April-2 Mei 2016 di Jogjakarta. Dr. Nur Wahyu Rochmadi, M.Pd., M.Si dari program studi PPKn, FIS Universitas Negeri Malang terlibat sebagai salah satu penelaahnya.

Penelaahan dilaksanakan dengan kajian buku, dialog, diskusi, refleksi dan revisi dengan penulisnya, dengan tujuan untuk penyempurnaan buku yang telah ditulis, sebelum dicetak, digandakan dan dipergunakan dalam kegiatan pembelajaran di semester yang akan datang (2016/2017).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*