Alumni

Alumni Program Studi PPKn memiliki ikatan alumni yang saat ini diketuai oleh Dr. H. A. Rosyid Al Atok, M.Pd, M.H. (Dosen Prodi PPKn). IKA UM memiliki berbagai macam agenda, diantaranya reuni dan temu alumni. Kegiatan reuni dikemas dalam acara reuni akbar UM yang dilaksanakan 3 (tiga) tahun sekali sedangkan kegiatan temu alumni dilaksanakan terjadwal setiap tahun. Selain itu alumni setiap hari bisa memberi saran dan kritik kepada mahasiswa melalui kelompok jejaring sosial yang telah terbentuk.

Partisipasi Alumni dalam mendukung pengembangan akademik dan non akademik program studi PPKn diantaranya:

  • Sumbangan Dana

Sumbangan dana yang diberikan alumni pada saat ini salah satunya dalam rangka untuk pembangunan mushola pada program studi PPKn FIS UM.

  • Sumbangan Fasilitas

Partisipasi alumni dalam menyiapkan fasilitas yang mendukung kegiatan akademik telah dirancang. Fasilitas-fasilitas akademik yang telah diberikan akan menambah fasilitas yang diberikan oleh pihak kampus. Salah satu fasilitas yang diberikan alumni adalah buku untuk koleksi perpustakaan. Setiap mahasiswa yang dinyatakan lulus dan menjadi alumni prodi PPKn menyumbangkan satu buku yang relevan dengan bidang ilmu PPKn, baik berupa buku referensi, buku ajar maupun buku-buku lainnya yang releven.

  • Keterlibatan dalam Kegiatan Akademik

Partisipasi alumni dalam bidang akademik diwujudkan dalam penyusunan kurikulum dan pendampingan kegiatan kemahasiswaan. Alumni diikutsertakan dalam revisi kurikulum untuk memberi masukan perbaikan kurikulum. Selain itu, alumni juga dilibatkan sebagai pemateri pada pelatihan-pelatihan kemahasiswaan.

  • Pengembangan Jejaring

Partisipasi alumni dalam pengembangan jejaring pada bidang akademik terwujud dalam penyampaian informasi kepada alumni dan masyarakat pada acara-acara yang diselenggarakan oleh jurusan. Kegiatan yang dimaksud adalah seminar, kuliah umum dan perlombaan-perlombaan yang diadakan oleh jurusan. Selain sebagai kegiatan ilmiah, acara-acara ini juga bisa menjadi ajang pengembangan jejaring antar alumni. Selain itu alumni membuat jejaring di masing-masing daerah dengan membentuk pengurus alumni di masing-masing wilayah. Pengurus alumni wilayah berfungsi mengkoordinasikan alumni sekaligus membuat jejaring kerja antar alumni serta penyebaran informasi kepada masyarakat salah satunya dalam bentuk pemberian informasi lowongan pekerjaan.