“Harmani. 2015. Pengembangan Media Computer Assisted Instruction(CAI) Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas VII SMP Negeri 3 Ngimbang kabupaten Lamongan. Skripsi jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Sri Untari, M.Si. (II) Rusdianto Umar, S.H, M.Hum

Kata Kunci:Pengembangan, Media CAI , Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Dari hasil wawancara guru SMP Negeri 3 Ngimbang menyatakan bahwa pembelajaran PPKn merupakan salah satu pembelajaran yang identik dengan banyak teori yang menyangkut tentang kehidupan sosial dalam penerapannya minat siswa sangat minim dalam mempelajarinya. Padahal jika dilihat dari manfaat mempelajarinya sangat penting bagi individu dalam menerapkannya dikehidupan dalam masyarakat apalagi sebagai warga negara Indonesia. Umumnya, metode pembelajaran dalam pelajaran PPKn cenderung ceramah apalagi materi pelajaran kasus pelanggaran dan upaya penegakan HAM kebanyakan teori hal tersebut menyebabkan siswa bosan. Dalam hal ini pendidik dapat menggunakan media CAI sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Dari permasalaan tersebut, diperoleh sebuah alternatif untuk mengatasi masalah tersebut yaitu pengembangan media Computer Assisted Instruction (CAI) pada pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dengan media tersebut diharapkan siswa lebih semangat lagi untuk antusias mengikuti pelajaran PPKn. Model pengembangan yang di pakai peneliti dalam penelitian ini adalah model pengembangan research and development (R & D). Pengembang menggunakan 8 langkah yang merupakan modifikasi dari langkah-langkah R & D menurut Sugiyono.

Produk yang dihasilkan berupa media CAI tersebut merupakan media pembelajaran yang memuat materi pembelajaran PPKn dan dibuat dengan menggabungkan gambar, animasi, suara, dan video. Dalam media pebelajaran ini pengguna media dapat berinteraksi dan mengoperasikan media sesuai dengan keinginanya. Media ini terdiri dari tampilan awal (pembuka) dan tampilan utama. Tampilan utama berisi antara lain: (a) tujuan pembelajaran; (b) materi pembelajaran; (c) rangkuman; (d) latihan soal; (e) permainan; (f) profil pengembang.

Untuk mengetahui tingkat kelayakan media yang dikembangkan, pengembang melakukan uji ahli dan uji coba produk, diantaranya: Hasil uji ahli materi memperoleh kategori sangat layak dengan presentase 93,75% . Hasil uji ahli media mendapat kategori sangat layak, dengan peresentase 97,83%. Hasil uji praktisi pembelajaran mendapat kategori sangat layak, dengan peresentase 78,13%. Hasil uji coba kelompok kecil mendapat kategori sangat layak, dengan persentase 93,89 %. Dan Hasil uji kelompok besar mendapat kategori sangat layak, dengan peresentase 91,96 %. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media CAI pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewaranegaraan sangat layak untuk di pakai dalam proses pembelajaran.

Saran yang dapat peneliti berikan kepada pengguna yaitu: media ini perlu dikembangkan dan dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang dapat menunjang proses belajar mengajar.”

Need Help? Chat with us