“Hatmoko,AnggaDwi. 2015.Program PengembanganDiriMelaluiEkstrakurikulerPramukaUntukMengembangkanKarakterSiswa Di SMA Negeri 1 TanjunganomKecamatanTanjunganom, KabupatenNganjuk. Skripsi, Program StudiPendidikanPancasiladanKewarganegaraan, JurusanHukumdanKewarganegaraan, FakultasIlmuSosial, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Sri Untari, M.Si, (2) Dra. ArbaiyahPrantiasih, M.Si

Kata Kunci: PengembanganDiri, EkstrakurikulerPramuka, Nilai Karakter

Pendidikanmerupakanusahasengajadanterencanauntukmembantumengembanganpotensidankemampuananak agar bermanfaatbagikepentinganhidupnyasebagaiseorangindividudansebagaiwarga Negara. Untukmengembangkanpotensitersebut, bisadilakukanmelaluikegiatan program pengembangandiri. Program pengembangandiriiniterdiridariduabagian, yaitubimbingankonselingdanekstrakurikuler. Dari kegiatantersebutakanmenimbulkannilai-nilaikarakterpadadiripesertadidik.

Tujuandaripenelitianiniuntukmenjelaskanprogram pengembangandirimelaluiekstrakurikulerpramuka di SMAN 1 Tanjunganom yang meliputi, 1) Gambaranumum program pengembangandiridi SMAN 1 Tanjunganom, 2) Pelaksanaan program pengembangandirimelaluiekstrakurikulerpramuka di SMAN 1 Tanjunganom, 3) KendaladalampelaksanaanekstrakurikulerPramuka di SMAN 1 Tanjunganom, 4) Solusiuntukmengatasikendaladalampelaksanaankegiatanpramuka di SMAN 1 Tanjunganom, 5) Nilai-nilai karakter yang terdapat dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMAN1 Tanjunganom.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, dalam mencari data dari informan. Pengumpulan data tersebut dilakukan dengan 3 (tiga) metode yaitu: wawancara,dokumentasi, dan observasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi).

Mengacu pada analisis tersebut, maka diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. Pertama,di SMAN 1 Tanjunganom program pengembangandiri di wujudkandenganduakegiatan, yaitukegiatanbimbingankonselingdankegiatanekstrakurikuler. Kedua, Pelaksanaanekstrakurikulerpramuka di SMAN 1 TanjunganomdilaksanakansetiaphariSabtumulaipukul 13.30-15.30 WIB.Kegiatanawalpadapelaksanaanekstrakurikulerpramukaadabaris-berbaris, IstirahatSholatMakan (ISHOMA), barispembukaan, penempuhanSyarat-syaratKecakapanUmum (SKU), upacarapenutupandan di akhiridengan sayonara.Untuk program kerja yang disusunolehdewanambalanpramuka SMAN 1 TanjunganomadaJamboreOn The Air-Jambore On The Internet (JOTA-JOTI),ada 4 perkemahan yang menjadi program kerjadewanambalan. 1)adaperkemahanPenerimaanTamuAmbalan (PTA), 2) perkemahanbantara, 3) perkemahandewanambalan, 4) perkemahanlaksana, dan 5) perkemahanwisata, danterakhiradaAnjangsana-anjangsini. Ketiga, nilai-nilaikarakter yang tertanam di dalamdiripesertadidik.di SMAN 1 Tanjunganomdalammelaksanakankegiatan-kegiatanpramukabanyakkarakter yang bisa di bentuk. Kegiatantersebutadalahkegiatanbaris-berbaris, kegiatanpenempuhanSyarat-SyaratKecakapanUmum (SKU), kegiatan sayonara, kegiatanpelaksanaanperkemahan, Jambore On The Air-Jambore On The Internet, danAnjangsana-anjangsini. Dari kegiatantersebutbisatercerminnilai-nilaikarakterkedisiplinan, kepempimpinan, kesiagaan, beraniberpendapat, kejujuran, kreatif, kebersamaan, kerjasama, toleransi, keberanian, danpedulilingkungan.Keempat, banyakkegiatan yang dilakukandalampelaksanaankegiatanekstrakurikulerpramuka, tapijugabanyakkendala yang tercemindariberbagaikegiatanpramuka di SMAN 1 Tanjunganom, mulaidarikendalawaktu, kendaladaripesertadidik yang kurangminatdenganekstrakurikulerpramuka, Pembina, alumni, pengorganisasian, jugasaranaprasanadananggarandanauntukmelaksanakan program kerjasertakegiatankepramukaan.Kelima,solusiuntukmengatasiberbagaikendala yang terjadi di dalampelaksanaanekstrakurikulerpramuka di SMAN 1 Tanjunganomadalahdengancaramemberikanmotivasikepadapesertadidikuntuklebihmenyenangiekstrakurikulerpramuka, memberikansanksikepadapesertapramuka, lebihmenyiapkandiridansegalasesuatusebelummelaksanakansuatukegiatan.

Saran untuksiswasupayabisalebihmemilihekstrakurikuler yang sesuaidengankemampuandanbakat yang merekamiliki.Untuk guru harusseringmemberikanmotivasidanpengertian yang relevanbesertadenganpengaplikasiannyadalamkehidupansupayasiswamengertitujuandariapa yang di jelaskanoleh guru. Pihaksekolahjugaharuslebihseringmengadakansuatukegiatan yang bisamembantumengembangkankemampuandanbakatpesertadidik.”

Need Help? Chat with us