KOLABORASI RISET PENGEMBANGAN KURIKULUM KETAHANAN KAMPUS DALAM MENCEGAH RADIKALISME OLEH TIM PENELITIAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG DAN UNIVERSITI TEKNOLOGI MALAYSIA DENGAN SKEMA INDONESIA MALAYSIA RESEARCH CONSORTIUM

Kolaborasi Riset Pengembangan Kurikulum Ketahanan Kampus dalam Mencegah Radikalisme di Perguruan Tinggi (Tim Penelitian Universitas Negeri Malang dan Universiti Teknologi Malaysia)

Pada Senin, 6 November 2023 Tim Penelitian dari Universitas Negeri Malang dan Universiti Teknologi Malaysia melakukan kerjasama dalam Riset Pengembangan Kurikulum Ketahanan Kampus dalam Mencegah Radikalisme yang ada di Perguruan Tinggi Indonesia dan Malaysia. Penelitian Ini Dilakukan dengan menggunakan dana kerjasama Indonesia Malaysia Research Consortium (IMRC). Pengembangan kurikulum ketahanan kampus dalam mencegah radikalisme ini dimulai dari kerjasama sebelumnya dalam kerjasama riset dalam dua tahun sebelumnya. Pada awal kerjasama rise antara UM dan UTM telah mengembangkan model ketahanan kampus terhadap ideologi radikal di perguruan tinggi Indonesia dan Malaysia. Setelah berhasil membuat model tim kerjasama riset UM dan UTM melanjutkan kerjasama dengan membuat kurikulum ketahanan kampus dalam mencegah radikalisme sebagai tindak lanjut dari penelitian sebelumnya.

Dasar pemikiran dalam pengembangan kurikulum ketahanan kampus untuk mencegah radikalisme adalah bahwa kampus sebagai lembaga pendidikan tinggi perlu melakukan upaya pencegahan aksi radikalisme dengan mengintegrasikannya dalam sistem kurikulum ketahanan kampus sebagai upaya preventif. Hal ini dikarenakan lingkungan kampus sebagai sub bagian pendidikan yang memegang peranan penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, ketahanan kampus merupakan mikroform dari ketahanan nasional. Sehingga jika kampus memiliki ketahanan yang kuat terhadap ideologi radikal, maka ketahanan nasional dalam menghadapi ideologi radikal juga aka terpengaruh dan kuat.

Pelaksanakan penelitian pengembangan kurikulum ini dilakukan dengan objek Indonesia dan Malaysia. Setelah melakukan penelitian dan pengkajian ditempat masing-masing, maka tim riset kerjasama ini melakukan diseminasi hasil penelitian di Perbadanan Muzeum Negeri Melaka (Perzim) di Negara Bagian Melaka Malaysia. Diseminasi dihadiri oleh tim riset dari Universitas Negeri Malang dan Universiti Teknologi Malaysia dan beberapa pihak yang memiliki konsentrasi terhadap hasil riset. Pada kegiatan ini menghasilkan naskah akademik kurikulum ketahanan kampus dalam mencegah radikalisme yang akan dijadikan acuan dalam pengembangan kedepannya untuk mendesain berbagai aspek dalam kurikulum ketahanan kampus, sehingga diharapkan kampus memiliki ketahanan yang kuat dalam menghadapi isu-isu radikalisme.

Need Help? Chat with us