“Afriyanti, Sholikatus. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Teknik Buzz Group dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di Kelas X AK 4 SMK Negeri 1 Turen. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Arbaiyah Prantiasih, M.Si.,(II) Hj. Yuniastuti, SH, M.Pd.,

Kata Kunci: Metode Pembelajaran Diskusi Teknik Buzz Group, Keaktifan Belajar

Observasi awal yang dilakukan pada pembelajaran PPKn di kelas AK 4 SMK Negeri 1 Turenpada tanggal 22 September 2015 dan 29 September 2015 ditrmukan bahwa terdapat permasalahan pada penggunaan metode pembelajaran yang ditetapkan oleh guru, sehingga banyak siswa yang pasif dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, diperlukan suatu penggunaan metode pembelajaran yang dapat mendorong motivasi belajar siswa agar dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, penggunaan metode pembelajaran diskusi teknik Buzz Group dilakukan sebagai upaya untuk membantu siswa dalam memahami materi serta meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn. Tujuan penerapan metode pembelajaran diskusi teknik Buzz Group adalah untuk mengembangkan pengetahuan siswa tentang materi pelajaran yang telah dipelajarinya, memperoleh informasi, bertukar informasi, memecahkan suatu masalah, mendorong percaya diri peserta didik dalam menyampaikan pendapat dan meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Penelitian tentang penerapan metode pembelajaran diskusi teknik Buzz Groupini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AK 4 SMK Negeri 1 Turen yang berjumlah 37 siswa. Pelaksanaan PTK ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) penggunaan metode pembelajaran diskusi teknik Buzz Group dalam mata pelajaran PPKn pada siswa kelas X AK 4 di SMK Negeri 1 Turen diawali dengan pengkondisian kelas untuk melaksanakan diskusi. Guru memberikan kasus permasalahan kepada setiap kelompok untuk didiskusikan kemudian setiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas dengan ditanggapi oleh kelompok lain; (2) penggunaan metode pembelajaran diskusi teknik Buzz Group dalam mata pelajaran PPKn pada siswa kelas X AK 4 di SMK Negeri 1 Turen dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Keaktifan belajar siswa dapat dilihat melalui nilai rata-rata antara siklus I dan siklus II. Rata-rata keaktifan belajar siswa pada siklus I adalah 65,135 dan rata-rata kekatifan belajar siswa pada siklus II sebesar 79,189. Peningkatan rata-rata keaktifan belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 14,054 atau 21,577%.

Saran yang diberikan peneliti kepada guru mata pelajaran PPKn agar menggunakan metode pembelajaran diskusi teknik Buzz Group sebagai alternatif untuk menjadikan siswa lebih aktif dan tidak merasa bosan dalam mengikuti proses belajar mengajar. Selain itu, diharapkan pada peneliti selanjutnya, agar lebih memgembangkan penerapan metode pembelajaran diskusi teknik Buzz Group dengan cakupan pembahasan yang lebih luas serta dapat memadukan dengan metode pembelajaran lain.”

Need Help? Chat with us