“Zakariya, Moh. Asif. 2015. Pengembangan Alat Evaluasi dalam Bentuk Program Quiz Creator dalam Pembelajaran PPKn Kelas VIII SMP di SMP Negeri 20 Malang. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.
Pembimbing: (I) Dra. Arbaiyah Prantiasih, M.Si (II) Dr. Sri Untari, M.Si.

Kata kunci: Pengembangan,Quiz Creator,Alat Evaluasi, Pembelajaran PPKn, Kuis.

Pendidikan sangat penting dalam membangun bangsa dan negara, karena pendidikan merupakan salah satu proses penting dalam meningkatkan harkat dan martabat manusia. Berdasarkan tujuan pendidikan perlu adanya suatu inovasi dalam pembelajaran untuk merubah sistem pendidikan dan mengatasi masalah yang ada dalam pembelajaran. Inovasi tersebut bisa berupa suatu ide, barang, alat, metode yang dirasakan sebagai hal baru bagi masyarakat yang melihat.

Penelitian ini bertujuan: Menghasilkan dan mendeskripsikan hasil pengembangan berupa produk alat evaluasi dalam bentuk program quiz creator dalam pembelajaran PPKn untuk siswa kelas VIII SMP. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP Negeri 20 Malang, temuan awal sebelum penelitian adalah pembelajaran PPKn masih dilakukan dengan cara konvensional (ceramah dan penugasan), sedangkan fasilitas yang disediakan sudah lengkap dan memadai. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan dari beberapa siswa kelas VIII selama melakukan praktik pengalaman lapangan (PPL), peneliti berasumsi bahwa siswa merasa bosan dengan mata pelajaran PPKn karena model pembelajaran yang diterapkan kurang menarik karena hanya ceramah dan penugasan dengan mengumpulkan makalah, sehingga siswa kurang bersungguh-sungguh dalam mengikuti mata pelajaran PPKn. Oleh sebab itu diperlukan sebuah inovasi dalam pembelajaran PPKn untukmenarik dan memotivasi siswa-siswi sehingga tidak ada alasan bahwa anak tidak suka dengan mata pelajaran PPKn.

Berawal dari permasalahan yang terjadi, dilakukan sebuah penelitian pengembangan alat evaluasi dalam bentuk programquiz creator dalam pembelajaran PPKn siswa kelas VIII SMP. Model penelitian yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran ini adalah model Borg & Gall yang terdiri dari 10 langkah, dan direduksi menjadi 8 langkah. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan meliputi: (1) penelitian dan pengumpulan data; (2) perencanaan media; (3) pengembangan produk awal; (4) validasi uji para ahli (ahli soal, ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran); (5) analisis hasil validasi; (6) revisi produk; (7) uji lapangan (uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar); (8) revisi produk akhir.Hasil akhir dari penelitan pengembangan ini adalah alat evaluasi dalam bentuk programquiz creator mata pelajaran PPKn materi bab VII tentang unsur-unsur negara yang dikemas dalam bentuk CD (compact disk), dan dapat dioperasikan pada komputer yang menggunakan sistem operasi Windows proffesional yang memiliki CD ROM. Media pembelajaran yang dihasilkan terdapat empat menu yaitu (1) menu materi, (2) menu kuis, (3) menu petunjuk pemakaian produk, dan (4) profil pembuat media.

Untuk menguji tingkat kelayakan alat evaluasi dilakukan validasi oleh beberapa ahli, serta uji coba. (1) Validasi yang dilakukan oleh ahli soal menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 91,2%, yang artinya sangat layak atau valid dan dapat digunakan tanpa revisi. (2) Validasi yang dilakukan oleh ahli media menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 98,3% yang artinya sangat layak atau valid dan dapat digunakan tanpa revisi. (3) Validasi yang dilakukan oleh ahli materi menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 57,1% yang artinya layak atau valid dan dapat digunakan dengan revisi kecil. (4) Validasi yang dilakukan oleh ahli pembelajaran menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 76,9 % yang artinya sangat layak atau valid dan dapat digunakan tanpa revisi. (5) Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 97,9% yang artinya sangat layak dan dapat digunakan tanpa revisi. (6) Hasil uji coba kelompok besar menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 91,7% yang artinya sangat layak dan dapat digunakan tanpa revisi. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi dalam bentuk program quiz creator dalam pembelajaran PPKn materi bab VII tentang unsur-unsur negara dinyatakan sangat layak dan dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar siswa SMP kelas VIII.

Saran penelitian lebih lanjut untuk pengembangan alat evaluasi dalam bentuk program quiz creator dalam pembelajaran PPKn siswa kelas VIII SMP, dapat dikembangkan untuk materi, kuis atau pada matapelajaran lain. Penelitian pengembangan ini terbatas hanya untuk menghasilkan media pembelajaran dan menguji tingkat kelayakannya, oleh sebab itu bisa diusahakan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui seberapa besar tingkat keefektifan dari media wondershare quiz creator yang telah dibuat dan semua macam-macam variasi kuis dalam pembuatan soal dapat di manfaatkan semua sehingga pemilihan dalam melakukan evaluasi jadi beraneka ragam.”

Need Help? Chat with us