“Kartika, Cicik Wulandari. 2015. Upaya Menumbuhkan Sikap Cinta Tanah Air di SDN Talun 03 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Dr. A. Rosid Al Atok, M.Pd, M.H Pembimbing: (2) Drs. Petir Pudjantoro. M.Si

Kata Kunci: Menumbuhkan, Cinta Tanah Air

Cintatanah air sangatpentingdimilikiolehsemuaanakbangsakarenasebagaigenerasimudaCintatanah air perluperlu di tumbuhkembangkandalamjiwasetiapseseorangsejakdiniuntukmenjadiwarga Negara yang baikdalammenjalankantujuanhidupbersama agar tercapai.

Tujuanpenelitianadalahuntukmendeskripsikanupayamenumbuhkansikapcintatanah air di SDN Talun 03 yang meliputi (1) strategimenumbuhkansikapcintatanah air yang telahditerapkaan di SDN Talun 03 KecamatanTalunKabupatenBlitar (2) bentuk-bentukkegiatan yang dilaksanakandalamrangkamenumbuhkansikapcintatanah air di SDN Talun 03 KecamatanTalunKabupatenBlitar (3)Faktor-faktorapasaja yang menjadipenghambatdanpendukungdalammenumbuhkansikapcintatanah air di SDN Talun 03 KecamatanTalunKabupatenBlitar (4) upayamengatasihambatandalammenumbuhkansikapcintatanah air di SDN Talun 03 KecamatanTalunKabupatenBlitar .

Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan pendektan kualitatif yang bersifat deskriptif dalam mencari data dari informan yang terdiri dari kepala sekolah SDN Talun 03 beserta guru-guru yang ada di SDN Talun 03 kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Pengumpulan data tersebut dilakukan dengan 3 (tiga) metode yaitu: wawncara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara data redusksi, data display dan Conklusi Drawing. Untuk menjamin keabsahan data yang diperoleh peneliti melakukan keabsahan data yang diperoleh, peneliti melakukan pengecekan data sebagai berikut: trianggulasi, ketekunan pengamatan.

Berdasarkan analisis tersebut, diperoleh kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. pertama strategi menumbuhkan sikap cinta tanah air di sekolah supaya siswa mempunyai sikap disiplin agar mempunyai perilaku yang baik dalam berbagai kegiatan di sekolah. Selain itu keteladanan guru berpengaruh penting dalam strategi menumbuhkan sikap cinta tanah air di sekolah sehingga keberhasilan sesuatu ditentukan oleh guru tersebut.

Kedua, Bentuk-bentuk menumbuhkan sikap cinta tanah air sangat perlu diterapkan di sekolah supaya siswa mengerti betapa pentingnya upaya menumbuhkan sikap cinta tanah air bagi siswa tersebut Misalnya seperti:
(1)Setiaphariseninmengadakanupacarabendera yang dilaksanakansekolah; (2)Memperingatiharibesarnasional; (3)MenggunakanBahasa Indonesia yang baikdanbenar; (4) Memakaiprodukdalamnegeri; (5)Melestarikankebudayaan Indonesia denganadanyaekstrakulikulertari .Efektifitashasilajarancintatanahair yang ada di SDN Talun 03 antaralain :(1)Menghormatisesamatemandan orang yang lebihtua; (2)Selalumematuhiperaturansekolah; (3)Menghargaidanmencintaisesamamakhlukciptaantuhan; (4)Berperilakusopansatun.

Ketiga, Faktorpendukungupayamenumbuhkansikapcintatanah air di sekolahyaitukesadaranpadadirisiswa yang tinggidalammenumbuhkansikapcintatanah air di sekolah, dengankesadarandirisiswa yang tinggimakaupayamenumbuhkansikapcintatanah air akanberjalandenganbaik. Kemudiantenaga guru yang berkompetendandapatmenjadipanutansiswajugamenjadisalahfaktorpendukungdalammenumbuhkansikapcintatanah air di sekolah.

Keempat, Faktorpenghambatdalammenumbuhkansikapcintatanahair yaituterbatasnyasaranadanprasana yang digunakansekolah yang menjadikanpenghambat. Misalnyakurangnyaalat yang digunakanuntukkegiatanpramuka, senitari.Kurangnyatenaga guru yang berkompetendi.dalamnyasehinggamenjadipenghambatdalammenumbuhkansikapcintatanaha air.

Kelima, Upaya mengatasi kendala dalam menumbuhkan sikap cinta tanah air dengan bersikap tegas terhadap siswa menganggap remeh kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk menumbuhkan sikap cinta tanah air, bersabar, selalu memberi arahan dan perhatian terhadap siswa agar siswa menyadari betapa pentingnya sikap menumbuhkan cinta tanah air.

Memperbaiki sarana prasaran yang kurang memadahi. mempersiapkan dan memperbanyak jumlah guru yang berkompeten. Adanya kerjasama antara orang tua dan pihak sekolah demi kelancaran program yang ingin dicapai.

Saran yang diberikan peneliti setelah melakukan penelitian ini antar lain: (1) Kepala Sekolah Agar hasil upaya menumbuhkan sikap cinta tanah air disekolah maksimal maka kepala sekolah harus bertindak tegas, mendisiplinkan siswa, agar dapat berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan oleh sekolah. Kepala sekolah harus terus melakukan perhatian kepada siswa memberikan sarana dan prasana dengan baik agar berjalan secara maksimal; (2)Siswaperlu mencerminkan rasa cinta tanah air dalam kehidupan sehari-hari di berbagai lingkungan, dan tidak selalu terpacu terhadap kebudayaan Negara lain seperti apa yang telah didapat siswa dalam proses belajar mengajar disekolah. Sikap cinta tanah air ini harus tetap di pupuk dan jaga baik di lingkungan masyarakat maupun di lingkungan keluarga.; (3) Guru SDN Talun 03

Guru sebagai tenaga pendidik memberikan pelajaran yang bersangkutan dengan cinta tanah air supaya anak mengerti betapa pentingnya cinta tanah air. Menerapkan kurikulum yang berbasis budaya lokal dan nasional mulai dari tingkat pendidikan yang paling rendah.Menentukan metode dan media pembelajaran yang paling tepat dan sesuai dengan tahap perkembangan.”

Need Help? Chat with us